Frederica, Frederica and Wardhana, Dian Eka Chandra and Diana, Irma (2024) PENGGUNAAN TINDAK TUTUR ILOKUSI GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEKS BIOGRAFI DI KELAS X SMK KORPRI DURI RIAU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FREDERICA 1_merged - Frederica Pangaribuan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan tindak tutur ilokusi guru
dan siswa dalam pembelajaran teks biografi di kelas X SMK Korpri Duri Riau. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sumber data dalam
penelitian ini adalah tuturan dalam rekaman video kegiatan pembelajaran bahasa
indonesia dalam teks biografi yang sudah dilakukan oleh guru dan siswa Program
Studi Pendidikan Bahasa Indonesia tahun pelajaran 2022/2023. Data dalam penelitian
ini adalah tuturan yang mengandung wujud tindak tutur ilokusi asertif, tindak tutur
ilokusi direktif, tindak tutur ilokusi ekspresif, dan tindak tutur ilokusi deklaratif dalam
kegiatan pembelajaran teks biografi antara guru dan siswa pada saat pembelajaran
Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode simak
dan metode cakap. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan
langkah-langkah sebagai berikut: (1) Melakukan Transkrip data, (2) Melakukan
pengkodean data, (3) Melakukan Klarifikasi data, (2) Interpretasi Data, dan (5)
Penyimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan data penggunaan tindak tutur ilokusi
asertif yang terdiri (1) tindak tutur asertif menyatakan (2) tindak tutur asertif
mengeluh, (3) tindak tutur asertif menegaskan, (4) tindak tutur asertif menyarakan.
Tindak tutur direktif ditemukan penggunaan tindak tutur yaitu (1) tindak tutur direktif
memerintah, (2) tindak tutur direktif merekomdasikan, dan (3) tindak tutur direktif
meminta. Tindak tutur ekspresif ditemukan penggunaan tindak tutur terdiri dari (1)
tindak tutur ekspresif memuji, (2) tindak tutur ekspresif mengucapkan salam, (3)
tindak tutur ekspresif terima kasih, dan (4) tindak tutur ekspresif ketidaksenangan. Dan
tindak tutur deklaratif ditemukan penggunaan tindak tutur deklaratif mengucilkan.
Kata kunci: Tindak tutur, Guru dan Siswa, Kegiatan pembelajaran Bahasa
Indonesia
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Indonesian Language Education Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 03:10 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 03:10 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22844 |