Evawati, Neli and Gumono, Gumono and Noermanzah, Noermanzah (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN METODE KOLABORATIF SISWA KELAS VII.9 SMP NEGERI 11 BATAM. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NELI EVAWATI_A2A021012 - AHMAD ANSARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Peserta didik masik kesulitan dalam menuangkan informasi dalam bentuk
tulisan teks berita. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan
menulis berita yaitu dengan diterapkannya pembelajaran berdiferensiasi
dengan metode kolaborasi siswa kelas 7.9 SMP Negeri 11 Batam. Untuk
itu, tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan peningkatan Kemampuan
menulis teks berita. Kemampuan menulis merupakan kompetensi yang
harus dikuasi oleh siswa baik teks berbentuk esai maupun monolog
sederhana. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompotensi
siswa menulis teks sederhana berbentuk teks berita melalui implementasi
pembelajaran berdifrensiasi berbasis model pembelajaran kolaboratif.
Penelitian ini dilakukan di Kota Batam dengan jumlah subjek penelitian
sebanyak 40 orang dari kelas VII. 9 SMP Negeri 11 Batam. Untuk mencapai
tujuan penelitian di atas, maka jenis penelitian yang diterapkan adalah
penelitian tindakan kelas (a classroom action research). Teknik
pengumpulan data penelitian dilakukan melalui tes hasil belajar siswa dan
dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui total nilai, rata-rata nilai, dan
peningkatan nilai dari masing-masing siklus. Hasil penelitian menunjukkan:
1) Hasil belajar siswa melalui implementasi pembelajaran berdifrensiasi
berbasis model pembelajaran kolaboratif pada siklus I sebesar 61,20
dengan persentasi ketuntasan 62,50%. 2) Hasil belajar siswa melalui
implementasi pembelajaran berdifrensiasi berbasis model pembelajaran
kolaboratif pada siklus II sebesar 85,66 dengan persentasi ketuntasan
97,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi
pembelajaran berdifrensiasi berbasis model pembelajaran kolaboratif dapat
meningkatkan kompetensi siswa menulis teks berbentuk teks berita.
Kata kunci: implementasi, pembelajaran berdifrensiasi, pembelajaran
kolaboratif, kompetensi menulis, teks berita
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Indonesian Language Education Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 03:10 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 03:10 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22846 |