PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI LAMBANG BESERTA ARTINYA MENGGUNAKAN STRATEGI THINK (BERPIKIR), TALK (BERBICARA), WRITE ( MENULIS) SISWA KELAS III SDN 158 SELUMA

Febrianti, Nurhidayatuf and Trianto, Agus and Noermanzah, Noermanzah (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI LAMBANG BESERTA ARTINYA MENGGUNAKAN STRATEGI THINK (BERPIKIR), TALK (BERBICARA), WRITE ( MENULIS) SISWA KELAS III SDN 158 SELUMA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
nurhidayatuf febrianti - Ongky Gusfika, M.Pd..pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk: mendeskripsikan proses dan kemampuan anak dalam
mengidentifikasi lambang beserta artinya menggunakan strategi tink (berpikir), talk
(berbicara), write (menulis). Metode penelitian yang digunakan yaitu PTK (Penelitian
Tindakan Kelas) peneliti bertindak langsung sebagai peneliti. Teknik pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, teknik observasi, dan
teknik dokumentasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran
mengunakan strategi TTW yaitu pada tahap tink tentang gambar-gambar simbol yang
ada di buku, kemudian pada tahap talk siswa di minta untuk melakukan komunikasi
kepada rekan kelompok untuk mencari solusi atau jawaban dari hasil pemikiran siswa,
pada tahap write siswa menulis hasil dari diskusi siswa.pada siklus 1 pembelajaran
mengidentifikasi lambang beserta artinya ini masih jarang diterapkan terutama dengan
menggunakan strategi TTW. Siswa memperoleh hasil menulis teks mengidentifikasi
lambang beserta artinya yang kurang memuaskan. Salah satu penyebabnya siswa
kurang aktif dalam proses mengamati dan mengidentifikasi lambang beserta artinya
dengan rata nilai 69,00 sehingga perlu melakukan perbaikan pada silkus II. Pada
siklus II diperoleh nilai rata-rata 72,00. Hal ini mengidikasi bahwa kemampuan anak
dalam mengidentifikasi kemampuan menulis siswa berada dalam kategori baik pada
rentang nilai70-79 dengan katagori baik
Kata kunci: Kemampuan Mengidentifikasi Lambang, Strategi Think, Talk, dan
Write.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Indonesian Language Education Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 03:10
Last Modified: 22 Oct 2024 03:10
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22847

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200