Irahayu, Wiwin and Trianto, Agus and Yulistio, Didi (2024) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS FULL - PERPUS-BEBAS PRPUS-compressed - WIWIN IRAHAYU.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian dan pengembangan bertujuan untuk menghasilkan produk rencana
pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen berupa tahapan-tahapan pembelajaran
berbasis Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk: 1)Menjelaskan
analisis kebutuhan model pembelajaran menulis cerpen di kelas IX SMPIT
Darussalam 01 Batam. 2) Menjelaskan desain pengembangan rencana
pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen berbasis Project Based Learning bagi
peserta didik kelas IX. 3) Menguji kelayakan kelayakan pengembangan
pembelajaran menulis cerpen berbasis pembelajaran Project Based Learning di
kelas IX SMPIT Darussalam 01 4) Implementasi pengembangan rencana
pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen berbasis project based learning di kelas
IX SMPIT Darussalam 01 Batam. 5) Menguji efektifitas pengembangan rencana
menulis cerpen berbasis project based learning di SMPIT Darussalam 01 Batam.
penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model
pengembangan dari R&D. Dengan Subjek uji coba terdiri dari ahli desain, ahli
praktik, dan siswa kelas IX SMPIT Darussalam 01 Batam. Hasil validasi dari ahli
desain dalam pengembangan pembelajaran mnulis cerpen berbasis Project Based
Learning pada siswa kelas IX SMP menunjukkan bahwa kelayakan tahapan-tapan
pembelajaran pada rencana pelaksanaan pembelajaran diperoleh hasil rata-rata
91,30% dengan kategori “Sangat Layak”, uji ahli praktik pembelajaran diperoleh
skor 89,23% dengan kategori “Sangat Layak”, Uji kelayakan terlihat dari
kemampuan menulis peserta didik pada kelas IX di SMPIT Darussalam 01 Batam
didapat skor rata-rata 85,06% dengan kategori “Sangat Layak”. Dengan
demikian, pembelajaran menulis cerpen berbasis Project Based Learning berupa
tahapan-tahapan rencana pembelajaran yang dikembangkan secara keseluruhan
efektif di gunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Pembelajaran, Menulis,Cerpen, PjBL
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Indonesian Language Education Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 03:59 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 03:59 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22851 |