Fitriani, Wiza and Sarwono, Sarwit and Trianto, Agus (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FOLKLOR BERBASIS TEORI KOOPERATIF JIGSAW. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS REVISI WF (1) - Wiza Fitriani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian adalah: (1) Mendeskripsikan kebutuhan peserta didik dan guru
terhadap teks narasi cerita legenda serawai (2) Menyusun LKPD pada materi teks
narasi cerita legenda serawai sebagai bahan ajar untuk SMPIT Khairunnas Kota
Bengkulu. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan atau
Research and Development (R&D), dalam penelitian pengembangan ini
menggunakan Model Desain Pembelajaran ADDIE (Analysis–Design–Develop–
Implement–Evaluate). Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
kualitatif, yakni memaparkan data kebutuhan peserta didik terhadap bahan ajar
teks narasi cerita legenda berbasis teori jigsaw dan analisis uji validasi oleh satu
orang guru dan satu orang dosen ahli untuk memperbaiki produk bahan ajar teks
Narasi cerita legenda serawai berbasis teori jigsaw. Hasil validasi oleh dosen
ahli dan guru sebagai validator LKPD berbasis Kooperatif tipe jigsaw secara
umum adalah dengan kategori valid. Yang dinilai yaitu, aspek tampilan dan
tulisan 87,5% kategori sangat valid, penggunaan gambar dan warna 62,5%
kategori valid, fungsi LKPD 100% dengan kategori sangat valid, isi materi 75%
kategori valid, dan bahasa yang digunakan 75% dengan kategori valid.
Berdasarkan analisis kebutuhan bahan ajar teks narasi cerita legenda serawai,
peserta didik dan guru membutuhkan bahan ajar teks narasi cerita legenda
serawai. Dari hasil uji coba LKPD pada peserta didik diperoleh nilai dengan rata�rata 68,5 dengan predikat cukup. Hasil ini berdasarkan intrumen respon siswa
terhadap LKPD dengan keterbatasan waktu ketika melakukan uji coba. Materi
yang dikembangkan dalam bahan ajar teks narasi ini merupakan materi yang harus
pada LKPD dikuasai oleh guru sesuai dengan tuntutan Kompetensi Dasar serta
disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan. Selain itu, peserta didik dan guru
menginginkan bahan ajar yang didesain dengan kemasan yang menarik dan
sesuai dengan pemahaman peserta didik.
Kata-kata kunci : bahan ajar, folklor dan Teori Kooperatif Jigsaw
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Indonesian Language Education Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 03:59 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 03:59 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22856 |