Yayanti., Yayanti. and Muktadir, Abdul and Susanta, Agus (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS BERBASIS GAMBAR MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI KELAS IV SEKOLAH DASAR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
YAYANTI BEBAS PERPUSTAKKAN UNIB-1_1 - ya yanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran infografis berbasis
gambar menggunakan model project based learning dalam meningkatkan
kemampuan menulis puisi kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian dilakukan di SDN
53 Bengkulu Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
(Reseach and Development) dengan model ADDIE. Obyek penelitian adalah
media pembelajaran infografis berbasis gambar pada pelajaran Bahasa Indonesia
materi menulis puisi. Instrumen yang digunakan yaitu angket uji kelayakan dan
angket uji respon guru dan peserta didik. Uji kelayakan dilakukan oleh 6 orang
validator yaitu 2 ahli materi, 2 ahli bahasa dan 2 ahli penyajian. Uji respon
pengguna dilakukan pada 20 peserta didik kelas IV dan 1 orang guru kelas SDN
53 Bengkulu Tengah. Analisis data menggunakan dalam menentukan kevalian
media pembelajaran menggunakan tabulasi silang dan sebaran angket. Hasil uji
kelayakan media pembelajaran oleh validator ditinjau dari aspek materi, bahasa,
dan penyajian , kelayakan materi diperoleh 0,70 (kriteria layak), hasil kelayakan
bahasa 0,90 (kriteria layak) dan hasil kelayakan tampilan 0,80 (kriteria sangat
layak). Hasil uji lapangan media pembelajaran dengan melakukan postes dan
pretes dengan hasil uji gain menunjukan 20 peserta didik dengan hitung gain
kriteria tinggi 8 peserta didik dengan persetase 40% kemudian kriteria sedang 11
peserta didik dengan persentase 55% selanjutnya kriteria rendah 1 peserta didik
dengan persentase 5%. Selain itu hasil wawancara dengan guru kelas IV
menunjukan respon positif. Dengan kata lain media pembelajaran yang digunakan
mampu meningkatkan keterampilan menulis peserta didik.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Infografis, Model Project Based Learning,
Kemampuan Menulis Puisi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 04:00 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 04:00 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22866 |