Marliani, Depi and Haji, Saleh and Hanifah, Hanifah (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS TPACK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 EMPAT LAWANG. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS DEPI MARLIANI_A2C020007_compressed - Depi Marliani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) ntuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan saintifik berbasis TPACK
terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. 2) Untuk mengetahui pengaruh
model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan saintifik
berbasis TPACK terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Jenis penelitian
yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimen desain). Penelitian ini
dilaksanakan di SMA Negeri 1 Empat Lawang dengan populasi seluruh siswa kelas
XI IPA berjumlah 138 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1
sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 peserta didik dan kelas XI IPA 2 sebagai
kelas eksperimen yang berjumlah 34 peserta didik yang diambil berdasarkan teknik
simple random. Pengumpulan data dilakukan melalui tes soal. Analisis data
mengunakan uji Ancova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). terdapat
perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang diajar dengan model
pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik berbasis
TPACK dan pembelajaran konvensional setelah mengontrol kemampuan awal
siswa, yaitu nilai sig < 0,001. 2). terdapat perbedaan kemampuan literasi matematis
antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning
dengan Pendekatan Saintifik Berbasis TPACK dan pembelajaran konvensional
setelah mengontrol kemampuan awal siswa, yaitu nilai sig < 0,001. 3.) terdapat
pengaruh linear kovariat kemampuan awal pemecahan masalah siswa terhadap
kemampuan akhir pemecahan masalah siswa yang diajar melalui model
pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik berbasis
TPACK dengan nilai si < 0,001. 4). terdapat pengaruh linear kovariat kemampuan
awal literasi matematika terhadap kemampuan akhir literasi matematika siswa yang
diajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan
saintifik berbasis TPACK, dengan nilai sig < 0,001.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Pendekatan Saintifik,
TPACK, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Literasi Matematika.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 04:00 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 04:00 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22868 |