Dirianto, Dirianto and Sahono, Bambang and Sapri, Johanes (2024) KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Studi Deskriptif Kualitatif di SMA Negeri 1 Tanjung Sakti PUMI). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DIRIANTO_NPM A2M021050 - Dirianto.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan kinerja guru dalam
pembelajaran matematika di SMA Negeri 1 Tanjung Sakti Pumi. Metode
penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan analisa deskriptif
kualitatif. Adapun yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah kepala
sekolah, guru, kepala TU, dan Siswa SMA Negeri 1 Tanjung Sakti Pumi.
Dari hasil Penelitian dapat menarik kesimpulan terkait kinerja guru di SMA
Negeri 1 Tanjung Sakti PUMI sudah baik hal ini berdasarkan. (1).
Perencanaan dalam program kegiatan pembelajaran di SMA Negeri 1
Tanjung Sakti PUMI sudah membuat perencanaan pembelajaran seperti:
RPP, Silabus, Program tahunan, Program semester dan program harian.
(2). Penggunaan Metode Pembelajaran guru matematika di SMA Negeri 1
Tanjung Sakti PUMI menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan
materi yang akan di sampaikannya. Misalnya metode tanya jawab, diskusi,
ceramah, pemberian tugas dan lain-lain. (3). Penggunaan media dan
sumber pembelajaran di SMA Negeri 1 Tanjung Sakti PUMI telah
menggunakan media dan sumber pembelajaran dengan baik, seperti
mengunkan LCD, buku, komputer, internet dan semua fasilitas yang telah
memadai untuk mendukung proses pembelajaran. (4).Pengelolaan kelas
guru matematika di SMA Negeri 1 Tanjung Sakti PUMI dalam mengelola
kelasnya yaitu memang bervariasi dan berbeda-beda anatara antara
kelas satu den kelas lainnya tergantung situasi kelas yang di hadapi. (5).
evaluasi dan Penilaian Pembelajaran guru matematika di SMA Negeri 1
Tanjung Sakti PUMI yaitu untuk mengetahui tercapai atau tidaknya tujuan
pembelajaran dan juga proses pembelajaran yang telah dilakukan.
Penilaian hasil belajar dilakukan dalam bentuk evaluasi formatif, evaluasi
sumatif, evaluasi diagnostik. (6). Faktor Pendukung dan Penghambat guru
matematika di SMA Negeri 1 Tanjung Sakti PUMI berdasarkan wawancara
yang dilakukan oleh penulis yaitu: Ada dua faktor yang dapat
mempengaruhi kinerja guru yaitu faktor internal yang berasal dari dalam
diri guru secara individu dan faktor eksternal yang berasal dari luar.
Kata Kunci : Kinerja, Pembelajaran , Guru Matematika
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 04:34 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 04:34 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22872 |