Erpansi, Midi and Sahono, Bambang and Kurniah, Nina (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Pelajaran Matematika di Kelas XII SMA Negeri 1Tanjung Sakti PUMU). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MIDI ERPANSI_NPM A2M021056 - Midi Erpansi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan konsep diri dan
prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Tanjung Sakti PUMU. Desain
penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi
eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII SMA Negeri 1
Tanjung Sakti PUMU semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Melalui
teknik simple random sampling diperoleh sampel kuasi eksperimen adalah
kelas XII Mipa 1 di SMA Negeri 1 Tanjung Sakti PUMU dengan jumlah
siswa 12 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. dan kelas XII Mipa 2 di
SMA Negeri 1 Tanjung Sakti PUMU. Semester genap tahun pelajaran
2023/2024 dengan jumlah siswa 15 siswa perempuan dan 10 siswa laki�laki. Teknik instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan
tes. Data penelitian di analisis dengan statistik deskriptif, rata-rata (mean),
persentase dan uji-t. hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
model pembelajaran inkuiri terbimbing meningkatkan konsep diri dan
prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Tanjung Sakti PUMU tahun
pelajaran 2023/2024.
Keywords : Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Konsep Diri, Prestasi
Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 04:44 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 04:44 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22881 |