Fajarwati, Nurillah and Sapri, Johanes and Buyung, Buyung (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Muatan Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 9 Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nurillah fajarwati _NPM A2M021070 (BEBAS PERPUSTAKAAN FKIP UNIB) - Chandra Arisandy.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan percaya diri dan
prestasi belajar dalam pembelajaran matematika siswa kelas V SD Negeri
9 Lahat. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan penelitian
tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus
terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan
tindakan, hasil observasi dan hasil refleksi. Subjek penelitian ini
melibatkan 20 orang siswa kelas V SD Negeri 9 Lahat tahun pelajaran
2023/2024. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi.
Instrumen penelitian adalah lembar observasi penilaian proses
pembelajaran, lembar observasi percaya diri dan lembar tes.Teknik
analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif antara lain
analisis data observasi,analisis data prestasi belajar, dan analisis data
kuasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan percaya diri dan
prestasi belajar siswa dan efektif meningkatkan prestasi belajar siswa
kelas V SD Negeri 9 Lahat Lahat pada materi Numerasi Bilangan
Pecahan.
Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, percaya diri
belajar, prestasi belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 04:50 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 04:50 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22883 |