Purwanti, Endang and Sahono, Bambang and Alexon, Alexon (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas XII SMA Negeri 2 Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS ENDANG PURWANTI PDF_compressed_compressed-dikompresi - ENDANG PURWANTI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) meningkatkan
kerjasama dan prestasi belajar peserta didik. Desain penelitian yang
digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek
penelitian adalah peserta didik kelas XII SMA Negeri 2 Lahat semester
ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Melalui teknik cluster random sampling
diperoleh sampel kuasi eksperimen adalah kelas XII MIPA 2 dan kelas XII
MIPA 3 sebagai kelas kontrol, instrumen penelitian ini menggunakan lembar
observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik yaitu rata-rata
(mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa
penerapan model pembelajaran RME dapat meningkatkan kerjasama dan
prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika kelas XII
SMA Negeri 2 Lahat.
Kata kunci : Penerapan Model Pembelajaran RME, kerjasama,
Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 07:42 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 07:42 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22901 |