Jaya, Muhammad Fadila Kesuma and Sapri, Johanes and Kurniah, Nina (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL REALITY UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII Di SMP Aisyiyah Pagar Alam). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS Fadil Final - Azra Aulannisa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan media pembelajaran dengan
berbasis Virtual Reality yang layak untuk meningkatkan prestasi belajar
dan partisipasi belajar serta mendeskripsikan efektifitas media
pembelajaran berbasis Virtual Reality dalam meningkatkan prestasi dan
partisipasi belajar. Dalam penelitian ini digunakan rancangan
pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian adalah
siswa kelas VIII SMP Aisyiyah Pagaralam.Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian adalah lembar penilaian dan hasil tes siswa.
Analisis data yang penelitian ini dengan rata-rata. Instrumen validasi ahli
media dan materi dalam penelitian adalah Skala Likert. Simpulan dari
penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis Virtual Reality yang
dikembangkan layak untuk meningkatkan prestasi belajar dan
pengembangan media pembelajaran berbasis Virtual Reality efektif dalam
meningkatkan prestasi belajar berdasarkan hasil uji coba terbatas dan uji
skala luas siswa kelas VIII SMP Aisyiyah Pagar Alam ada mata pelajaran
Matematika materi bangun ruang balok.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Virtual Reality, Prestasi Belajar,
Partisipasi Belajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 07:42 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 07:42 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22902 |