Nurjannah, Yuliana and Alexon, Alexon and Buyung, Buyung (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Pada Mata Pelajaran PJOK Siswa Kelas XII MIPA Di SMA Negeri 2 Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tesis Lengkap - wisuda Pdf (Yuliana Nurjannah) - Armaniar.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) penerapan model
pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan berpikir kritis
pada mata pelajaran PJOK di Kelas XII MIPA 1, (2) penerapan model
pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi
belajar siswa pada mata pelajaraan PJOK di kelas XII MIPA 1, (3)
penerapan model pembelajaran Problem Based Learning efektif untuk
meningkatkan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran PJOK di kelas XII MIPA 1. Penelitian ini menggunakan desain
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian
adalah siswa kelas XII MIPA 1 semester 1 sebanyak 28 orang. Untuk
sampel kuasi eksperimen siswa kelas XII MIPA 2 sebanyak 28 orang dan
untuk kelas kontrol adalah kelas XII MIPA 3 sebanyak 28 orang. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi
dan tes. Analisis data yang digunakan nilai adalah (1) Analisis
kemampuan berpikir kritis siswa, (2) Analisis Pre-test dan Post-test, (3)
Analisis uji-t Prestasi Belajar Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
(1) penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat
meningkatkan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PJOK di SMA
Negeri 2 Lahat Tahun Pelajaran 2023/2024. (2) penerapan model
pembelajaran Problem Based Learning meningkatkan prestasi belajar
siswa dan menjadi motivasi tersendiri bagi siswa dalam mengikuti materi
pelajaran (3) model pembelajaran Problem Based Learning, efektif
meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PJOK.
Kata kunci: Berpikir kritis, prestasi belajar, Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 07:42 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 07:42 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22905 |