Najiha, Naili and Sapri, Johanes and Alexon, Alexon (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri Seluma). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tesis Naili Najiha lengkap - Naili Najiha.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan E-modul
berbasis Canva yang tepat untuk dikembangkan sehingga meningkatkan
aktivitas belajar siswa. Selain itu bertujuan untuk mendeskripsikan
efektivitas E-modul berbasis Canva untuk meningkatkan Prestasi Belajar
siswa dalam pembelajaran IPS pada materi letak Indonesia. Penelitian ini
menggunakan rancangan pengembangan (Research and Development)
dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMPN
Seluma, yaitu SMPN 46 dan SMPN 48 Seluma. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian, lembar
respon dan hasil tes siswa. Analisis data yang digunakan pada penelitian
ini adalah rata-rata (mean), uji paired test dan uji independent sampel t-test
menggunakan SPSS versi 26. Instrumen validasi ahli dan respon siswa
terhadap produk dalam penelitian ini adalah skala Likert. Simpulan dari
penelitian ini adalah E-modul berbasis Canva yang dikembangkan
dinyatakan layak serta efektif untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi
belajar siswa.
Kata Kunci : E-modul, Canva, IPS, Aktivitas Belajar,Prestasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 07:57 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 07:57 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22908 |