Agustina, Sherly and Sahono, Bambang and Sapri, Johanes (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKANKETERAMPILAN SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR (STUDI PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF SISWA KELAS X TKJ DI SMK MUHAMMADIYAH KOTA PAGARALAM). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS SHERLY - sherly agustina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran Inquiry dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa pada mata
pelajaran Produktif kelas X TKJ di SMK Muhammadiyah Pagar Alam; (2)
mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Inquiry dalam meningkatkan
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Produktif kelas X TKJ SMK
Muhammadiyah Pagar Alam; (3) mendeskripsikan efektifitas penerapan model
pembelajaran Inquiry dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran Produktif kelas X TKJ SMK Muhammadiyah Pagar Alam. Penelitian
dilaksanakan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan kuasi
eksperimen. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembaran
observasi untuk mengukur proses pembelajaran dan keterampilan sosial siswa dan
untuk mengukur prestasi belajar siswa digunakan tes. Sedangkan analisis data
digunakan analisis skor rata-rata dan uji t-test. Penelitian dilaksanakan dikelas
XTKJ 1 sebagai kelas PTK. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan: (1) Penerpan
model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan Keterampilan Sosial, (2)
Penerapan Model Pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan prestasi belajar siswa,
(3) Penerapan Model Inquiry dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran produktif.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Inquiry, Keterampilan sosial, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 09:02 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 08:17 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22911 |