PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Mulak Ulu Lahat)

Depi, Malta and Sapri, Johanes and Buyung, Buyung (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Mulak Ulu Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
THESIS MALTA-dikompresi (3) - MALTA DEPI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together untuk meningkatkan
tanggung jawab dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas
VIII SMPN 1 Mulak Ulu Lahat. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas
VIII semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 SMPN 1 Mulak Ulu. Desain
penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi
eksperimen. Metode pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan
lembaran observasi untuk mengukur proses pembelajaran dan tanggung
jawab siswa, serta untuk mengukur prestasi belajar digunakan tes. Analisis
data dilakukan dengan menggunakan analisis skor rata-rata dan uji-t test.
Analisis data pada penelitian kuasi eksperimen untuk mengukur pengaruh
model pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan
menggunakan uji-t dua sampel tidak berhubungan. Dari hasil penelitian
menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
Number Heads Together dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi
belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Mulak Ulu Lahat.
Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe number heads together,
tanggung jawab, prestasi belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 09:02
Last Modified: 22 Oct 2024 09:02
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22918

Actions (login required)

View Item
View Item