Jannati, Jannati and Seprianti, Eka Putri (2009) EVALUASI STRATEGI PEMASARAN DANA MULTI PROTEKSI (DMP) PADA PT ASURANSI JIWASRAYA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.
![Skripsi Jannati.pdf [thumbnail of Skripsi Jannati.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Jannati.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) melakukan evaluasi strategi pemasaran
Dana Multi Proteksi (DMP) pada PT Asuransi Jiwasraya Bengkulu; (2)
mengetahui posisi perusahaan dalam market competion; dan (3) mengetahui
strategi pemasara yang efektif dan efisien bagi perusahaan dalam menghadapi
persaingan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey yaitu penelitian yang
mengambil sampel dari suatu populasi yang menggunakan kuisioner sebagai alat
pengumpul data. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh
melalui kuisioner dan data sekunder yang berupa laporan, referensi dan dokumen
pada PT Asuransi Jiwasraya, PT Asuransi Bumi Putera, PT Asuransi AXA
Mandiri, dan PT Asuransi Syariah. Metode pengambilan sampel digunakan adalah
sensus dengan manajer pemasaran sebagai sampel. Sedangkan metode analisis
data yang digunakan adalah analisis SWOT dan analisis CSA.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa : (1) Dari kekuatan
dan kelemahan yang dimiliki oleh PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Bengkulu,
ternyata kekuatan lebih Rendah dari kelemahannya. Adapun kekuatan yang
dimiliki oleh PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Bengkulu yaitu : Kualitas Produk,
Promosi dan Periklanan, Sarana dan Prasarana yang dimiliki, Pelayanan kepada
Pemegang Polis, Kemampuan manajerial, pengembangan sumber daya manusia,
penarikan tenaga kerja yang baik, hubungan pemasaran dengan produksi,
hubungan teknologi dengan permintaan pasar, Hubungan dengan perusahaan,
Kepekaan Pada Kebutuhan pasar, Sumber Keuangan, Keunggulan Kedudukan
dipasar, Kesetiaan Nasabah, Biaya Produksi yang Rendah, Efektifitas Organisasi,
dan hubungan Kerjasama Antar Perusahaan Yang Sejenis. Sedangakan yang
termasuk dalam kelemahan PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) yaitu : Biaya produk
yang rendah, serta promosi dan periklanan. Ini berarti menunjukan mempunyai
kekuatan yang cukup besar dan kelemahan yang relatif dalam melaksanakan
strategi yang ada; (2) Dari peluang dan ancaman yang dihadapi oleh PT. Asuransi
Jiwasraya (Persero) Bengkulu ternyata peluang yang dimiliki lebih besar
dibandingkan dengan seganap yang dihadapi. Adapun peluang yang dimilki oleh
PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) yaitu : fluktasi pertumbahan pasar,
kecenderungan penting yang terjadi dikalangan pengguna produk, Pertumbuhan
Pasar, identifikasi suatu segmen pasar yang belum terdapat perhatian, investasi
yang murah, kekuatan Nasabah, perubahan teknologi, dan Kebutuhan Nasabah
yang belum terpenuhi. Sedangkan yang menjadi ancaman bagi PT. Asuransi
Jiwasraya (Persero) Bengkulu adalah reaksi dari pesaing utama yaitu: investasi
yang murah, perubahan teknologi, Perubahan selera dan pemikiran konsumen,
ix
Dari peluang dan ancaman di atas memiliki nilai tertimbang 36 dengan kata lain
perusahaan memiliki kekuatan bisnis yang masih rendah; dan (3) Dari hasil per-
hitungan analisis “Competitive Srength Assesment (CSA)” di atas, maka PT.
Asuransi Jiwasraya (Persero) Bengkulu menempati posisi kedua atau posisi
penantang pasar (market chalengger). Perusahaan ini memiliki pangsa pasar
terbesar kedua setelah pesaing, dalam perubahan harga, kualitas produk, cakupan
distribusi dan intensitas promosi. Untuk meningkatkan pangsa pasar keseluruhan,
maka PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Bengkulu perlu mencari Nasabah baru,
pengguna baru dan penambahan jenis produksinya, sehingga posisi perusahaan
dapat ditingkatkan dalam penelitian ini, perusahaan pesaingnya menempati posisi
sebagai pemimpin pasar (market leader) adalah perusahaan Bumi Putera.
Sedangkan sebagai pengikut pasar adalah asuransi AXA Mandiri dan asuransi
Syariah
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 29 Nov 2013 00:05 |
Last Modified: | 29 Nov 2013 00:05 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2292 |