PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V SD Negeri 4 Merapi Barat)

Astika, Yeni and Sahono, Bambang and Buyung, Buyung (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V SD Negeri 4 Merapi Barat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
YENI ASTIKA_A2M021075 (BEBAS PLAGIAT) - Chandra Arisandy.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan tanggung jawab
dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 4
Merapi Barat. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian
tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa
kelas V SD Negeri 4 Merapi Barat semester ganjil tahun pelajaran
2023/2024. Melalui teknik simple random sampling diperoleh sampel kuasi
eksperimen adalah kelas VC di SD Negeri 4 Merapi Barat dan kelas VB di
SD Negeri 4 Merapi Barat. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar
observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif,
rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan
bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat
meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa kelas V SD
Negeri 4 Merapi Barat.
Kata kunci : Model Pembelajaran STAD, Tanggung Jawab Siswa, Prestasi
Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 09:02
Last Modified: 22 Oct 2024 09:02
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22920

Actions (login required)

View Item
View Item