Haryanto, Haryanto and Danim, Sudarwan and Somantri, Manap (2024) IDENTIFIKASI MODAL SOSIAL DALAM PENINGKATAN MUTU MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KABUPATEN KAUR PROVINSI BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
HARYANTO BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - Histi Maryani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan modal sosial dalam
peningkatan mutu Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kabupaten Kaur Provinsi
Bengkulu. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian
yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, staf dan tokoh masyarakat di MTs
Negeri 1 Kabupaten Kaur. Data penelitian didapatkan dari hasil wawancara,
observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian meliputi reduksi data, penyajian
data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat
disimpulkan bahwa modal sosial yang mencakup kepercayaan, norma, dan jaringan
sosial, memainkan peran krusial dalam meningkatkan mutu Madrasah Tsanawiyah
Negeri 1 Kabupaten Kaur. Kepercayaan dan kerjasama antara berbagai pemangku
kepentingan, seperti guru, orang tua siswa, dan komunitas sekolah, memiliki dampak
positif terhadap pembelajaran dan lingkungan sekolah. Atas dasar hasil penelitian,
diisarankan bahwa sekolah perlu merancang program-program pendidikan yang lebih
terfokus pada pemanfaatan modal sosial. Mendorong inisiatif yang melibatkan
komunitas lokal, membangun kerjasama yang erat dengan guru, dan memastikan
transparansi dalam pengelolaan sekolah.
Kata Kunci: identifikasi, modal sosial, mutu
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 07:11 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 07:11 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22926 |