Ariani, Farida and Connie, Connie and Kartiwi, Asti Putri (2024) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU DI SD 09 KEPAHIANG. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS FARIDA BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - farida ariani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi aktual kepemimpinan kepala
sekolah saat ini di SD 09 Kepahiang, Mendeskripsikan bagaimana peran kepemipinan
dalam meningkatkan kedisiplinan guru di SD 09 Kepahiang, mendeskripsikan strategi
kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di SD 09 Kepahiang, dan
Mendeskripsikan hambatan dan solusi kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan
guru di sd 09 kepahiang. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah kualitatif deskriptif. Responden dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan
guru-guru di SD Negeri 09 Kepahiang. Hasil penelitian menunjukan kondisi aktual
kepemimpinan kepala sekolah tergambarkan dalam bagaimana kepala sekolah
membangun komunikasi yang baik dengan seluruh warga sekolah, menunjukan
karakter tegas dan berwibawa namun bukan menunjukan kepemimpinan yang
otoriter dan bagaimana kepala sekolah mampu melibatka guru-guru dalam setiap
proses pengambilan keputusan untuk kepentingan sekolah. Secara keseluruhan
peran kepala sekolah memiliki arti yang penting dalam pengembangan lingkungan
sekolah. Kepala sekolah mampu memberikan bimbingan dalam bentuk supervisi
kepada guru-guru. Dukungan kepala sekolah tersebut akan membuat motivasi
guru-guru meningkat dalam melaksanakan tupoksinya. Strategi kepala sekolah
dalam meningkatkan disiplin guru adalah melalui program peningkatan disiplin.
Kepala sekolah juga mendorong terbentuknya budaya disiplin positif disekolah.
Seluruh strategi kepala sekolah ini sangat didukung oleh guru-guru meskipun
masih ada beberapa orang guru yang belum bisa menerapkan budaya disiplin
dilingkungan sekolah. hambatan penerapaan program disiplin ternyata muncul
dari guru-guru itu sendiri sehingga yang harus diberikan pembinaan khusus adalah
guru-guru. Kepala sekolah belum mampu merancang tindak lanjut dari penerapan
program disiplin. Tindak lanjut ini merupakan hal yang penting untuk
keberlangsungan penerapan program disiplin disekolah. Saran disampaikan kepada
guru dan kepala sekolah untuk terus berkomitmen dalam mengimplementasikan program
disiplin disekolah.
Kata kunci : Displin, Guru, Peran Kepala Sekolah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 07:12 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 07:12 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22936 |