PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN MENGGUNAKAN METODE BANDONGAN PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM KOTA BENGKULU

Suryadi, Waluyo and Arono, Arono and Sarwono, Sarwit (2024) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN MENGGUNAKAN METODE BANDONGAN PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
TESIS_WALUYO SURYADI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis
teks laporan menggunakan metode bandongan santri pondok pesantren
Darussalam Kota Bengkulu. Data dalam penelitian ini diambil dari pengamatan
pelaksanaan pembelajaran yang terjadi di kelas. Aspek yang diambil dalam
pengamatan oleh peneliti yaitu kegiatan santri pada kegiatan pendahuluan, inti,
dan penutup. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode
deskriptif. Sumber data adalah santri dan guru. Data diperoleh dari observasi
lapangan secara langsung selama tiga kali pertemuan. Pelaksanaan pembelajaran
menulis teks laporan menggunakan metode bandongan santri pondok pesantren
Darussalam Kota Bengkulu dilaksanakan dengan prosedur sebagai berikut: (1)
Pendahuluan; guru memberi salam, membaca khadhoroh kemudian membaca
alfatihah. (2) Inti; Guru membacakan materi pelajaran dengan cara membacakan
kata per kata disertai arti kata tersebut, Santri menuliskan di kitab masing-masing
sesuai dengan yang dibaca guru, Guru menjelaskan keterangan dari rangkaian kata
yang diartikan tersebut, Guru memberikan kesempatan kepada santri untuk
menanyakan tentang materi yang sedang di ajarkan, Guru memberi umpan balik
dengan memberi beberapa pertanyaan kepada santri guna melihat kemampuan
santri mengikuti pembelajaran, Guru memberikan waktu kepada santri untuk
menuliskan teks laporan mengenai materi yang baru diajarkan dengan
menggunakan kalimat sendiri. (3) Penutup; Guru menutup bacaan kitab dengan
bacaan “waallahu a’lam bishowab” sebagai penutup bahwa sudah berakhir
kegiatan pembelajaran, kemudian guru memimpin untuk membaca alfatikhah
bersama-sama dengan santri, Guru menutup dengan bacaan salam. Hasil kerja
santri berupa penulisan kembali materi yang diajarkan, dapat dijadikan dokumen
dan berkas guru sebagai bahan pertimbangan dalam melihat kemampuan santri
dari segi pemahaman terhadap materi yang disampaikan.
Kata Kunci : Pembelajaran di Pesantren, teks laporan, metode bandongan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Indonesian Language Education Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 23 Oct 2024 07:13
Last Modified: 23 Oct 2024 07:13
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22949

Actions (login required)

View Item
View Item
Link slot terpercaya situs slot gacor hari ini Situs Slot Gacor Dan Link Slot Maxwin slot gacor Situs Slot Thailand Lewat Link Slot Gacor situs slot gacor yang resmi dan terpercaya Situs Slot Gacor Malam Ini Dengan Slot Maxwin Situs Slot Gacor Slot777 Terpercaya Hari Ini