Ardiansyah, M and Winarni, Endang Widi and Muktadir, Abdul (2024) PENGARUH MODEL VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE) TERHADAP NILAI DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DALAM MUATAN PEMBELAJARAN PPKN DI MIS NURUL HUDA KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Dokumen dari M. Ardiansyah - M. ardi Ansyah (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Model pembelajaran VCT dapat membantu peserta didik dalam mencari
dan menentukan suatu nilai yang dianggap baik. Pada penelitian ini nilai yang
dipilih adalah nilai disiplin dan tanggung jawab. Jenis penelitian dalam penelitian
ini adalah penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pada penelitian ini teknik
sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Pada penelitian ini teknik
sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Dalam penelitian ini,
yang menjadi variabel bebas (X) adalah pengaruh model pembelajaran VCT
(Value Clarification Technique), untuk variabel terikatnya (Y1) nilai diisplin dan
(Y2) tanggung jawab. Penggunaan model pembelajaran Value Clarification
Technique (VCT) terhadap nilai disiplin dan tanggung jawab berpengaruh
secara signifikan. Hal itu ditunjukkan dengan hasil hitung nilai disiplin Asymp
sig. 2 tailed sebesar 0,000 < 0,05. Sebagaimana dasar pengambilan
keputusan dalam uji Mann Whitney. Dari hasil uji N-gain efektifitas didapat
kategori sedang. Nilai tanggung jawab Asymp sig. 2 tailed sebesar 0,000 <
0,05. Sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji Mann Whitney. N�gain score nilai tanggung jawab dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil uji
korelasi diketahui bahwa N atau jumlah data penelitian adalah 26, dengan nilai
pearson correlation -0.65 kemudian nilai sig. (2-tailed) nilai disiplin dan
tanggung jawab adalah 0,754, bahwa tidak ada hubungan yang signifikan.
Sementara dengan korelasi negative maka kedua variabel ini memliki hubungan
yang berlawanan. Dimana nilai disiplin tinggi maka niali tanggung jawab
menurun atau rendah.
Kata Kunci : Model VCT (Value Clarification Technique), Nilai Disiplin, Nilai
Tanggung Jawab
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 07:14 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 07:14 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22955 |