Sari, Febby Intan Permata and Badeni, Badeni and Winarni, Endang Widi (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL DAN MOTIVASI BELAJAR IPS DI KELAS V SD GUGUS IX KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FEBBY BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - Febby Intan Permata Sari S. Pd..pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem
based (PBL) terhadap perilaku prososial dan motivasi belajar IPS di kelas V SD
Gugus IX Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.
Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan
jenis desain “the matching only pretest-posttest control group design. Populasi
dalam penelitian ini adalah SD gugus IX Kota Bengkulu. Teknik pengambilan
sampel menggunakan random sampling. Sampel dalam penelitian ini kelas VD
SDN 82 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan kelas VB SDN 73 Kota
Bengkulu sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa
angket perilaku prososial dan motivasi belajar siswa yang diberikan melalui
angket awal dan angket akhir pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik
analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan
jenis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Data hasil penelitian
yang diolah menggunakan uji- t dengan melihat nilai gain didapatkan nilai thitung
perilaku prososial sebesar 15,77 dan motivasi belajar siswa sebesar 6,79 dan nilai
ttabel sebesar 2,07. Secara statistik terlihat thitung perilaku prososial (15,77) dan
motivasi belajar siswa (6,79) > ttabel (2,07) pada taraf signifikan 5%. Dengan
demikian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model
problem based learning terhadap motivasi belajar IPS di kelas V SD Gugus IX
Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Perilaku Prososial, Motivasi
Belajar, Pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 07:14 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 07:14 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22956 |