Junaini, Junaini and Firdaus, M. Lutfi and Nursaadah, Euis (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID DALAM MENDETEKSI LOGAM Zn DENGAN INDIKATOR ALAMI EKSTRAK BUNGA KEMBANG SEPATU MERAH( Hibiscus rosa sinensis) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS LENGKAP SUDAH TTD - Junaini Ajo.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran berbasis aplikasi android dalam
mendeteksi logam Zn untuk meningkatkan pemahaman siswa. Jenis penelitian adalah R&D
( Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang
terdiri dari analysis, design, develop, implementation and evaluation. Tahap analysis
dilakukan analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran sains dengan
menganalisis selektivitas dan sensitifitas logam berat terhadap indikator bunga Hibiscus
rosa sinensis. Tahap design yaitu untuk merancang desain media, instrumen validasi media
serta instrumen penilaian pemahaman siswa. Tahap develop yiatu mengembangkan media,
uji kelayakan media serta revisi media . Tahap implementation yaitu dilakukan
implementasi pengembangan media pembelajaran berbasis android yang telah divalidasi
di MTsN 1 Seluma kepada 35 siswa kelas VII. Tahap evaluation dilakukan dengan
mengevaluasi dari tahapan analisis sampai pada tahap pengembangan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa : (1) ekstrak Hibiscus rosa sinensis selektif terhadap ion logam Zn2+
yang ditandai dengan adanya perubahan warna dari bening menjadi biru, dan memiliki
puncak absorbansi baru yaitu pada panjang gelombang maksimum 590 nm yang
dibandingkan dengan logam berat lain yaitu Fe, Cu, Cr dan Pb. Sensitivitas ion Zn2+
dengan metode citra digital menghasilkan Limit Of Detection (LOD) sebesar 0,015 ppm.
(2) hasil uji kelayakan media pembelajaran yaitu rata-rata skor sebesar 85% dengan
kategori layak digunakan sebagai media ajar. (3) pemahaman siswa dengan menggunakan
media pembelajaran berbasis android mengalami peningkatan lebih tinggi pada kelas
eksperimen dibanding kelas kontrol yang ditunjukkan dari nilai N-Gain pretest dan postest
pada kelas eksperimen sebesar 0,7 dengan kategori tinggi dan pada kelas kontrol sebesar
0,4 kategori sedang. Uji signifikansi 0,000<0,05 dan nilai rata-rata postest pada kelas
eksperimen 88,28 dan postest pada kelas kontrol 79,06.
Kata Kunci : Media Android, Zn2+,Pemahaman siswa ,pencemaran lingkungan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 01:17 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 01:17 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22964 |