PENGEMBANGAN E-MODUL IPA TERPADU PADA KONTEKS ANALISIS LIMBAH ORGANIK DI PANTAI CUKUH RAYA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA

Noviana, Noni and Firdaus, M. Lutfi and Johan, Henny (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL IPA TERPADU PADA KONTEKS ANALISIS LIMBAH ORGANIK DI PANTAI CUKUH RAYA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
tesis noni perpus unib_compressed - Noni noviana.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa E-Modul IPA Terpadu
pada Konteks Analisis Limbah Organik di Perairan Pantai Cukuh Raya untuk
meningkatkan penguasaan konsep siswa. Secara rinci tujuan penelitian ini adalah.
: (1) mengdentifikasi kandungan limbah organik di pantai cukuh raya dan solusi
mengatasi pencemaran air pantai akibat limbah orgnaik, (2) mendeskripsikan
kelayakan E-Modul IPA terpadu pada konteks analisis limbah organik di perairan
Pantai Cukuh Raya yang dikembangkan, (3) mendeskripsikan keefektifan E�Modul IPA terpadu pada konteks analisis limbah organik di perairan Pantai Cukuh
Raya yang dikembangkan, dan (4) mendeskripsikan respon siswa dan guru setelah
diterapkan E-Modul IPA terpadu pada konteks analisis limbah organik di perairan
Pantai Cukuh Raya yang dikembangkan sebagai bahan pembelajaran. Metode
penelitian yang digunakan merupakan Research and Development (RnD) dengan
model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation,
evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perairan pantai cukuh raya
terbukti telah tercemar oleh limbah organik berupa ammonia, nitrat, dan fosfat
dari tambak udang karena melebihi baku mutu bagi biota laut. Eco enzim juga
terbukti dapat menjadi solusi dalam mengatasi pencemaran air akibat limbah
organik. Hasil kelayakan E-Modul IPA terpadu yang telah divalidasi oleh
validator secara keseluruhan memperoleh skor rata˗rata 92,82 pada aspek materi
dan 89,25 pada aspek media dalam kategori sangat layak. Hasil selanjutnya
berupa hasil implementasi didapatkan bahwa E-Modul IPA terpadu terbukti cukup
efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa dengan rata-rata
peningkatan sebesar 69%. Sejalan dengan hasil implementasi didapatkan juga
bahwa respon siswa dan guru terhadap bahan ajar E-Modul IPA terpadu secara
keseluruhan memperoleh persentase rata˗rata 83,11 dan 97,68 dalam kategori
sangat baik yang berarti siswa dan guru memberikan respon positif terhadap
bahan ajar E˗Modul.
Kata Kunci : E-Modul, IPA Terpadu, Pencemaran Air, Limbah Organik,
Penguasaan Konsep

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 28 Oct 2024 01:17
Last Modified: 28 Oct 2024 01:17
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22965

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200