PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BIOSINTESIS NANOPARTIKEL EMAS SEBAGAI ANALISIS KROMIUM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK

Dewi, Ria Kemala and Firdaus, M. Lutfi and Nursaadah, Euis (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BIOSINTESIS NANOPARTIKEL EMAS SEBAGAI ANALISIS KROMIUM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
Tesis Ria Kemala Dewi - Ria Kemala dewi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul pembelajaran kimia
berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan literasi kimia
peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan
pengembangan model R&D tipe 4D yang melibatkan 60 peserta didik kelas
X1 (sebagai kelas kontrol) dan X2 (sebagai kelas eksperimen) SMAN 01
Bengkulu Utara. Pada tahap analisis dilakukan analisis kebutuhan guru dan
peserta didik sebagai dasar pengembangan e-modul pembelajaran dan analisis
deteksi kromium menggunakan biosintesis nanopartikel emas (NPE) secara
kolorimetri dengan spektrofotometri UV-Vis sebagai implementasi konten
kimia dalam pembelajaran materi struktur atom dan nanoteknologi.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh data bahwa NPE yang disintesis dari
bioreduktor belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi) dapat mendeteksi kromium
dengan konsentrasi NPE 10 ppm dengan kondisi optimum pada pH 5, suhu
optimum pada 75oC, waktu inkubasi optimum selama 5 menit, serta NPE yang
selektif dan sensitif untuk mendeteksi kromium. E-modul pembelajaran
didesain berdasarkan model pembelajaran PBL dengan mengacu terhadap
empat aspek literasi kimia (konteks, konten, high order learning skill, dan
sikap) menggunakan aplikasi canva. Selanjutnya untuk mengetahui kelayakan
e-modul pembelajaran dilakukan uji validasi. Data validasi diolah
menggunakan Content Validaty Index (CVI) dengan pedoman aiken tabel.
Rata-rata hasil validasi ahli materi, soal, dan media pada e-modul
pembelajaran berbasis PBL memperoleh nilai I-CVI > 0,8 yang menyatakan
bahwa e-modul pembelajaran valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar
pada tahap implementasi. Peningkatan literasi kimia peserta didik diperoleh
dari hasil N-gain pada skor pretest dan postest. Literasi kimia peserta didik
setelah menggunakan e-modul pembelajaran berbasis PBL mengalami
peningkatan, ditunjukkan oleh rata-rata N-gain 0,71 pada kategori tinggi.
Kemudian dilakukan uji hipotesis pada nilai N-gain tersebut, dengan nilai
Thitung 0,00 yang berarti terdapat perbedaan signifikan dari literasi kimia
peserta didik menggunakan e-modul berbasis PBL dan buku teks pada materi
struktur atom dan nanoteknologi.
Kata Kunci: e-modul, PBL, NPE, kromium, literasi kimia

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 28 Oct 2024 01:17
Last Modified: 28 Oct 2024 01:17
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22967

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200