PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Pada Mata Pelajaran IPA di SD Negeri 13 Lahat)

Qudri, Ahmad Hasbi and Sapri, Johanes and Buyung, Buyung (2024) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Pada Mata Pelajaran IPA di SD Negeri 13 Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
AHMAD HASBI QUDRI A2M022007 - Ahmad Hasbi Qodri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode
eksperimen untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada
mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 13 Lahat. Desain penelitian yang
digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek
penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 13 Lahat semester genap
tahun pelajaran 2023/2024. Melalui teknik simpel random sampling
diperoleh sampel kuasi eksperimen adalah kelas V.a SD Negeri 13 Lahat
dan kelas kontrol kelas V.b SD Negeri 13 Lahat. Instrumen penelitian ini
menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan
statistik deskriptif, rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian
menunjukan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan
aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 13 Lahat dan
penerapan metode eksperimen secara efektif dapat meningkatkan
perstasi belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Metode eksperimen, aktivitas belajar siswa, prestasi belajar
siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 28 Oct 2024 01:17
Last Modified: 28 Oct 2024 01:17
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22971

Actions (login required)

View Item
View Item