Nur`ayona, Nur`ayona and Sapri, Johanes and Alexon, Alexon (2024) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN ANTUSIASME DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI di SD Negeri Gugus I Kikim Timur ). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NUR'AYONA.NPM.A2M022035.OK - Nur Ayona.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan antusiasme dan
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI SD
Negeri Gugus I Kikim Timur. Desain penelitian yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah
siswa Kelas VI SD Negeri Gugus I Kikim Timur semester Genap tahun
pelajaran 2023/2024. Melalui teknik simple random sampling diperoleh
sampel kuasi eksperimen adalah Kelas VI SD Negeri Gugus I Kikim Timur.
Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Data
penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif, rata-rata (mean),
persentase, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan
model pembelajaran Discovery learning dapat meningkatkan antusiasme
dan prestasi belajar siswa Kelas VI SD Negeri Gugus I Kikim Timur.
Kata kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, antusiasme Siswa,
Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 01:18 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 01:18 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22975 |