Junita, Selvia and Sahono, Bambang and Sapri, Johanes (2024) PENERAPAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Thawalib Muara Enim). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
selvia junita (A2M022047) ok - Komunitas Guru Penggerak.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan penerapan
model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) dalam
meningkatkan percaya diri siswa kelas VIII SMP Thawalib Muara
Enim, (2) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Student
Facilitator And Explaining (SFAE) dalam meningkatkan prestasi
belajar siswa kelas VIII SMP Thawalib Muara Enim. Dalam penelitian
ini digunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Thawalib Muara Enim.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah
lembar observasi dan metode tes siswa. Analisis data yang
digunakan nilai adalah (1) Analisis kemampuan percaya diri
siswa,(2) Analisis Pre-test dan Post-test,(3) Analisis uji t Prestasi
Belajar Siswa. Instrumen validasi materi dan percaya diri siswa dalam
penelitian yang digunakan adalah model skala linkert. Simpulan dari
penelitian ini adalah; (1) Penerapan pembelajaran pembelajaran
Student Facilitator And Explaining (SFAE) dapat meningkatkan
percaya diri siswa pada mata pelajaran Matematika, (2) Penerapan
model pembelajaran pembelajaran Student Facilitator And
Explaining (SFAE) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada
mata pelajaran Matematika di SMP Thawalib Muara Enim dan (3)
Penerapan model pembelajaran pembelajaran Student Facilitator
And Explaining (SFAE) efektif dalam meningkatkan prestasi belajar
siswa.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining
(SFAE), Percaya Diri , Prestasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 01:18 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 01:18 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22977 |