Agustina, Herni and Sahono, Bambang and Sapri, Johanes (2024) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V SD Negeri Gugus 2 di Kecamatan Kikim Timur). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS HERNI AGUSTINA OK_compressed - HERNI AGUSTINA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini (1) Penerapan pendekatan pembelajaran ilmiah untuk
meningkatkan kemandirian siswa (IPA kelas 5 SD Negeri klaster 2 di
Kecamatan Kikim Timur) (2) Penerapan pendekatan pembelajaran saintifik
untuk meningkatkan prestasi belajar siswa (IPA kelas 5 SD Negeri klaster 2
di Kecamatan Kikim Timur) (3) Efektivitas pendekatan pembelajaran
saintifik untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar siswa.
Populasi Dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD klaster 2 Kikim Timur
yang berjumlah 53 siswa. Untuk mengambil sampel dilakukan dengan cara
total sampling Artinya, sampel ditentukan dengan membuat seluruh
populasi menjadi sampel. Sampel penelitian yang berperan sebagai kelas
tindakan adalah kelas V.c yang berjumlah 22 siswa, sampel penelitian kelas
eksperimen adalah kelas V.b yang berjumlah 17 siswa. Untuk kelas kontrol
adalah kelas V.a yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengolahan data
menggunakan konservasi dan pengujian. Hasil dari penelitian ini adalah
Pembelaran dengan penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan
kemandirian siswa dalam belajar, khususnya pada mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA).
Kata kunci: Pendekatan Pembelajaran Saintifik, kemandirian belajar, dan
prestasi belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 01:19 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 01:19 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22989 |