PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran IPA Peserta Didik Kelas V di SDN 20 Muara Enim)

Udin, Mberang and Sapri, Johanes and Sahono, Bambang (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran IPA Peserta Didik Kelas V di SDN 20 Muara Enim). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
TESIS LENGKAP MBERANG UDIN_A2M022030_compressed - Mberang Udin.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan aktivitas Peserta Didik.
(2) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berdiferensiasi
dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik dan (3)
Mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berdiferensiasi dapat
meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam Peserta Didik pada
kelas V di SDN 20 Muara Enim. Dalam penelitian ini digunakan metode
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilanjutkan dengan penelitian
Eksperimen. Subjek penelitian ini adalah Peserta Didik kelas V di SDN 20
Muara Enim. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
adalah lembar observasi dan metode tes Peserta Didik. Analisis data
yang digunakan nilai adalah (1) Analisis guru melaksanakan model
pembelajaran berdiferensiasi dan aktivitas belajar peserta didik, (2)
Analisis Pre-test dan Post-test, (3) Analisis uji t Prestasi Belajar Peserta
Didik dan Aktivitas Peserta Didik dalam penelitian yang digunakan adalah
model skala linkert. Simpulan dari penelitian ini adalah; (1) Penerapan
pembelajaran berdiferensiasidapat meningkatkan aktivitas Peserta Didik
pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. (2) Penerapan model
pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan prestasi belajar Peserta
Didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SDN 20 Muara
Enim Tahun Pelajaran 2023/2024 dan (3) Penerapan model
pembelajaran berdiferensiasi efektif dalam meningkatkan prestasi belajar
Peserta Didik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Berdiferensiasi, Aktifitas Belajar,
Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 28 Oct 2024 01:19
Last Modified: 28 Oct 2024 01:19
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22994

Actions (login required)

View Item
View Item