Sary, Reni Febrika and Alexon, Alexon and Buyung, Buyung (2024) PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA ( Studi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII di SMP Negeri 2 Mulak Ulu ). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS RENY - Ahmad Hasbi Qodri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model experiential
learning dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan prestasi
belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Mulak Ulu.
Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas
(PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari empat
tahapan yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, hasil
observasi dan hasil refleksi. Subjek penelitian ini melibatkan 81 orang
siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mulak Ulu tahun pelajaran 2023/2024. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrumen penelitian
adalah lembar observasi penilaian proses pembelajaran, lembar observasi
percaya diri dan lembar tes.Teknik analisis data menggunakan teknik
analisis data kuantitatif antara lain analisis data observasi, analisis data
prestasi belajar, dan analisis data kuasi eksperimen. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penerapan model experiential learning dapat
meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan prestasi belajar siswa,
sekaligus efektif meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri
2 Mulak Ulu -Lahat pada materi teks persuasi.
Kata Kunci : experiential learning, kemampuan berkomunikasi, prestasi
belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 01:20 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 01:20 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23003 |