Robinson, Robinson and Sahono, Bambang and Alexon, Alexon (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Gugus Mulak Ulu Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS ROBINSON - Ahmad Hasbi Qodri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini menggunakan model Problem Based Learning.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem
Based Learning dapat meningkatkan berpikir kritis dan prestasi belajar
siswa (Studi pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SD Negeri
Gugus Mulak Ulu Lahat). Adapun desain penelitian yang digunakan
adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen dengan subjek
penelitian siswa kelas V SD Negeri Gugus Mulak Ulu Lahat semester
genap tahun pelajaran 2023/2024 yang terdiri dari kelas PTK yaitu SD
Negeri 3 Mulak Ulu dengan jumlah siswa 25 orang ( 13 orang laki-laki dan
12 orang perempuan), kelas eksperimen yaitu SD Negeri 2 Mulak Ulu
dengan julah siswa 22 orang (16 orang laki-laki dan 6 orang perempuan)
dan kelas kontrol yaitu SD Negeri 1 Mulak Ulu dengan jumlah siswa 17
orang (9 orang laki-laki dan 8 orang perempuan) . Untuk teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Observasi dan test . Hasil
Penelitian Tindakan Kelas selama 3 siklus dengan penerapan model
Problem Based Learning menunjukkan bahwa terjadi peningkatan
signifikan baik dari segi kemampuan berpikir kritis maupun prestasi belajar
siswa. Kemudian hasil penelitian kuasi ekperimen menunjukkan bahwa
penerapan model Problem Based Learning pada kelas eksperimen rata�rata nilai post testnya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan penerapan
pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Artinya bahwa penerapan
model Problem Based Learning secara efektif dapat meningkatkan
prestasi belajar dan pada mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri
Gugus Mulak Ulu.
Kata kunci : Model Problem Based Learning, Berpikir Kritis,
Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 01:20 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 01:20 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23004 |