MARDALENA, SULISTI and Della, Maulidiya and Teddy, Alfra Siagian (2024) PENGEMBANGAN SOAL PILIHAN GANDA MATERI STATISTIKA SMP MENURUT INDIKATOR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Mardalena Sulisti_A1C019002_ Skripsi_Pendidikan Matematika. - 002 Mardalena sulisti.pdf [thumbnail of Mardalena Sulisti_A1C019002_ Skripsi_Pendidikan Matematika. - 002 Mardalena sulisti.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Mardalena Sulisti_A1C019002_ Skripsi_Pendidikan Matematika. - 002 Mardalena sulisti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan kemampuan berpikir yang
dipandang penting sebagai kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam
menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan nalarnya untuk menemukan
suatu penyelesaian soal yang sulit dipecahkan. Namun kenyataanya soal yang
terdapat di lembar kerja siswa pada subjek penelitian ini, proses penyelesaiannya
belum ada penilaian bahwa sudah melakukan indikator-indikator kemampuan
berpikir kritis matematis. Hal tesebut yang mendasari penelitian ini yang
bertujuan untuk menghasilkan soal pilihan ganda yang valid, reliabel dan dapat
digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis matematis. Jenis
penelitian ini adalah penelitian pengembangan model Tessmer yang meliputi
tahap preliminary dan formative evaluation (self evaluation, expert review, one�to-one, small group dan field test). Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas
IXA, B, C SMPN 10 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan
angket dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan soal yang dikembangkan:
(1) Valid berdasarkan indeks Aiken V semua katagori validitas logis (materi,
konstruk dan bahasa). (2) Reliabel berdasarkan koefisien reliabilitas 24 soal
sebesar 0,593. (3) Tingkat kemampuan berpikir kritis matematis 25 peserta didik
dalam menyelesaikan soal memiliki sebaran sebanyak 6 orang (24%) kriteria
sangat rendah, 13 orang (52%) kriteria rendah, 4 orang (16%) kriteria sedang dan
2 orang (8%) kriteria tinggi. Hasil tingkat kemampuan berpikir kritis matematis
25 peserta didik dalam mengerjakan soal cenderung pada kategori rendah dengan
perolehan nilai rata-rata skor juga berada pada kategori rendah.
Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Soal Pilihan Ganda.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 03:57 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 04:05 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23014 |