NADHEA, KHARISMA and Nurul, Astuty Yensy and Dewi, Rahimah (2024) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![NADHEA KHARISMA_A1C019012 - Nadhea Kharisma.pdf [thumbnail of NADHEA KHARISMA_A1C019012 - Nadhea Kharisma.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NADHEA KHARISMA_A1C019012 - Nadhea Kharisma.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika
siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu antara model Problem Based
Learning dan model Discovery Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian
eksperimen semu dengan menggunakan desain the nonequivalent post-test-only
control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive
sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas sampel, yaitu kelas
VIII H sebagai kelas eksperimen 1 yang menggunakan model Problem Based
Learning dan kelas VIII I sebagai kelas eksperimen 2 yang menggunakan model
Discovery Learning. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan tes uraian hasil belajar matematika. Data dianalisis dengan
menggunakan uji t dua sampel independen. Hasil dari pengujian hipotesis
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika
siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu antara model Problem Based
Learning dan model Discovery Learning.
Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar Matematika, Problem Based
Learning.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 04:02 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 04:08 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23015 |