ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) SISWA SMP NEGERI KOTA BENGKULU

M. RIZKI, ANANDA and Saleh, Haji and Ringki, Agustinsa (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) SISWA SMP NEGERI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi M. Rizki Ananda S1 PMat Lengkap - 063 M. Rizki Ananda.pdf] Text
Skripsi M. Rizki Ananda S1 PMat Lengkap - 063 M. Rizki Ananda.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah
dan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal higher order thinking
skill (HOTS) siswa SMP Negeri Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan
adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian
ini adalah siswa SMP Negeri Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023. Sampel
dalam peneitian ini adalah siswa kelas VIII.D SMP Negeri 11 Kota Bengkulu yang
berjumlah 29 orang sebagai subjek penelitian pada sekolah tingkat akreditasi sangat
baik (A) dan siswa kelas VIII.H SMP Negeri 12 Kota Bengkulu yang berjumlah 20
orang sebagai subjek penelitian pada sekolah akreditasi baik (B). Pelaksanaan
penelitian dilakukan 2 kali pertemuan pada masing-masing kelas subjek penelitian.
Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes soal HOTS yang mengukur
kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis siswa. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa: 1) tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa pada
sekolah akreditasi A yaitu: kategori tinggi 20,69%, kategori sedang 65,52%, dan
kategori rendah 13,79%. Pada sekolah akreditasi B yaitu: kategori tinggi 16,67%,
kategori sedang 66,66%, dan kategori rendah 16,67%; 2) tingkat kemampuan
penalaran matematis siswa pada sekolah akreditasi A yaitu: kategori tinggi 20,69%,
kategori sedang 62,07%, dan kategori rendah 17,24%. Pada sekolah akreditasi B
yaitu: kategori tinggi 13,33%, kategori sedang 73,33%, dan kategori rendah
13,33%.
Kata Kunci: Higher Order Thinking Skill, Kemampuan Pemecahan Masalah,
Kemampuan Penalaran Matematis

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 28 Oct 2024 04:16
Last Modified: 28 Oct 2024 04:16
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23017

Actions (login required)

View Item
View Item