ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS IX SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU

Fitriyani, Fitriyani and Dewi, Rahimah and Teddy, Alfra Siagian (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS IX SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI_FITRIYANI_A1C019069 - 069 Fitriyani.pdf] Text
SKRIPSI_FITRIYANI_A1C019069 - 069 Fitriyani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah merupakan tujuan
pembelajaran matematika yang sangat penting dan harus dimiliki oleh siswa agar
dapat mengatasi permasalahan matematika. Namun kenyataanya kesadaran akan
pentingnya kedua tujuan pembelajaran tersebut masih kurang. Hal itulah yang
mendasari penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah
matematis ditinjau kemmapuan komunikasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu 26 orang siswa kelas IX B SMPN 17 Kota
Bengkulu pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data
menggunakan soal tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1)
terdapat hubungan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan
kemampuan komunikasi matematika. 2) siswa dengan kemampuan pemecahan
masalah matematis sangat baik memenuhi keempat indikator polya; Siswa kategori
baik sudah melakukan semua tahapan polya namun belum maksimal pada indikator
merencankan penyelesaian; Siswa dengan kategori cukup mampu memahami
masalah, dan melaksanakan penyelesaian tetapi pada indikator merencanakan
penyelesaian dan memeriksa kembali siswa masih mengalami kesulitan; Siswa
kategori kurang mampu memahami masalah dan melaksanakan rencana
penyelesaian walaupun masih terdapat kesalahan pada perhitungan sedangkan pada
indikator merencanakan penyelesaian dan memeriksa kembali siswa tidak
melaksanakannya; Siswa dengan kemampuan pemechan masalah matematis
kategori sangat kurang mampu memahami masalah, tetapi tidak melakukan
indikator merencankan penyelesaian, melaksanakan penyelesaian, dan memeriksa
kembali dengan baik.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemampuan
Komunikasi Matematika

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 28 Oct 2024 04:25
Last Modified: 28 Oct 2024 04:25
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23019

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200