PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SEDERHANA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK PADA KELOMPOK B DI PAUD AL FIKRI KOTA BENGKULU

Selenri, Ulandari and Riyanto, Riyanto and Delrefi, Delrefi (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SEDERHANA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK PADA KELOMPOK B DI PAUD AL FIKRI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of A1I020016 Selenri Ulandari_compressed - Selenri Ulandari.pdf] Text
A1I020016 Selenri Ulandari_compressed - Selenri Ulandari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan media pembelajaran pada anak usia dini memilki peranan yang
sangat penting pada kegiatan belajar mengajar. Media pembelajaran yang
sederhana dapat digunakan guru untuk memberikan kegiatan yang menyenangkan
bagi anak terutama dalam belajar berhitung dan mengenal angka. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran
sederhana terhadap kemampuan berhitung anak pada kelompok B di PAUD Al
Fikri Kota Bengkulu, desain penelitian yang digunakan Quasy Experimental
Design dengan Posttest Only Group Design dan penelitian ini menggunakan
instrumen tes lisan. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelas B 1 dan
B 2. Dalam penelitian ini digunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Teknik pemilihan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara
undian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Independent Sample T-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan berhitung antara
anak yang belajar dengan media tutup botol angka dan media stik angka pada
kelompok B di PAUD Al Fikri Kota Bengkulu. Disarankan (1) kepada guru untuk
menggembangkan dan menggunakan media ini sebagai media pembelajaran pada
saat proses pembelajaran berlangsung dan (2) kepada peneliti selanjutnya
menjadikan penelitian ini sebagai bahan acuan dan informasi untuk penelitian
selanjutnya.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Sederhana, Kemampuan Berhitung

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 29 Oct 2024 01:12
Last Modified: 29 Oct 2024 01:12
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23035

Actions (login required)

View Item
View Item