MARRESHA, OCSIA BELLA and Delrefi, Delrefi and Dwi, Lyna Sari (2024) PERAN GURU DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN ABAD 21 DI PAUD NEGERI MELATI DHARMA WANITA REJANG LEBONG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![A1I020070_Marresha Ocsia Bella - Marresha Ocsia.pdf [thumbnail of A1I020070_Marresha Ocsia Bella - Marresha Ocsia.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
A1I020070_Marresha Ocsia Bella - Marresha Ocsia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peran guru PAUD dalam menghadapi
pembelajaran abad 21. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif menggunakan
metode deskriptif dengan tujuan mendeskripsikan fenomena yang terjadi secara
menyeluruh, luas dan mendalam. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan
data skunder. Data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dengan informan yaitu
guru kelas beserta informan kunci adalah kepala sekolah. Data skunder yang diperoleh
dari media sosial dan dokumen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa guru sudah memahami keterampilan-keterampilan yang harus dikuasai oleh anak
untuk menghadapi abad 21 seperti keterampilan berkomunikasi, kerja sama, berpikir
kritis, kreativitas, berinovasi, dan memiliki kemampuan dalam penalaran. Sementara ity
guru menggunakan media sosial sebagai teknologi informasi dalam penyampaian
pembelajaran kepada anak-anak, merencanakan program pembelajaran, dan menjadikan
STPPA sebagai pedoman dalam menentukan CP. Guru juga menggunakan pendekatan
saintifik dan metode vidio based learning sebagai pendekatan yang dilakukan kepada
anak, serta menggunakan jenis penilaian ceklis, foto berseri, dan hasil karya. Selain itu,
guru tidak hanya berperan sebagai pemberi motivator, sebagai fasilitator, dan seorang
pendidik tetapi guru juga berperan sebagai perencana dalam pembuatan program
pembelajaran, pemberi penilaian terhadap hasil kerja anak, sebagai penentuan indokator
dalam penilaian, dan seseorang yang menyiapkan metode pembelajaran yang akan
digunakan dalam pemberian pelajaran kepada anak. Saran untuk peneliti selanjutnya
adalah lebih mendalami dalam melakukan wawancara sehingga informasi yang
didapatkan akan lebih mendalam.
Kata Kunci: Peran guru, Pembelajaran, Abad 21
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 01:21 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 01:21 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23037 |