Hanni, Rahma Hidayati Hasbi and Riyanto, Riyanto and Mona, Ardina (2024) PENGARUH METODE FONIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK PADA KELOMPOK B PAUD AL-FIKRI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![skripsi [thumbnail of skripsi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Hanni Rahma Hidayati Hasbi_A1I020018 - Hanni Rahma Hidayati Hasbi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Metode Pembelajaran yang kurang menarik membuat anak mudah bosan. Masih
banyak anak yang kurang mampu dalam membaca maupun mengenal huruf. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode fonik terhadap kemampuan
membaca anak pada kelompok B. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah
anak kelompok B di PAUD Al Fikri dengan jumlah 18 orang anak. Desain Quasi
Experimental Design dengan menggunakan Posttest Only Group Design. Sampel
penelitian ini adalah anak kelas B1 dan B2. Dalam penelitian ini digunakan dua
kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang diperoleh dianalisis
menggunakan Independent Sample T-test menyatakan bahwa sig(2-Tailed) 0,004
artinya < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan
membaca antara anak yang belajar dengan metode fonik dan metode konvesional
kelompok B di PAUD Al Fikri. Disarankan (1) kepada guru untuk dapat
mengembangkan dan menggunakan metode ini sebagai metode pembelajaran pada
saat proses pembelajaran berlangsung dan (2) kepada peneliti selanjutnya dapat
menjadikan sebagai bahan acuan dan informasi untuk penelitian selanjutnya.
Kata kunci : Pengaruh, Metode fonik, Kemampuan Membaca Anak
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 01:38 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 01:38 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23040 |