Julianessa, Anggraini and Didik, Suryadi and Nesna, Agustriana (2024) PERBEDAAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TK KELOMPOK B BERDASARKAN ANAK NON TK A DAN TK A SE-KECAMATAN SUNGAI SERUT. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
Skripsi Julianessa_A1I020066 - Julianessa Anggraini.pdf
Download (5MB) | Preview
Abstract
Kemampuan membaca memberikan konribusi terhadap adanya perbedaan
pada berbagai hal. Diduga terdapat perbedaan kemampuan membaca pada anak usia
dini bila dilihat dari anak kelompok B di non TK A dan TK A. Tujuan penelitian
ini untuk memberikan perbedaan kemampuan membaca anak kelompok B
berdasarkan anak non TK A dan TK A. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh anak kelompok B di TK se-Kecamatan Sungai Serut Kota Bengkulu,
dengan total populasi 197 anak. Sampel peneliti ini sebanyak 91 anak diambil
dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Variabel dalam
penelitian ini adalah anak non TK A dan TK A dan kemampuan membaca. Teknik
dalan pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kemampuan membaca anak kelompok B di TK se-Kecamatan Sungai Serut
untuk anak non TK A dalam kategori baik, sedangkan untuk anak TK A dalam
kategori sangat baik. Untuk hasil penelitian tersebut menunggunakan uji t. Dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan kemampuan membaca anak non
TK A dan TK A. Disarankan kepada peneliti kemampuan membaca anak TK B
dilihat dari berbagai aspek atau latar belakang anak, dan juga dapat meneliti
kembali hasil tes anak.
Kata Kunci: kemampuan membaca, anak TK A dan non Tk A, anak TK
kelompok B
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 02:23 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 02:23 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23051 |