PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI BERBASIS INSHOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPA SDN GUGUS III KOTA BENGKULU

ADINDA, EPI TALIA and Feri, Noperman and Herman, Lusa (2024) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI BERBASIS INSHOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPA SDN GUGUS III KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of skripsi] Text (skripsi)
Adinda Epi Talia_A1G020084 (unib) - Adinda Epi Talia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video animasi
berbasis InShot terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik muatan IPA
SD Negeri Gugus III Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasy
eksperimen) dengan desain penelitian The Matching Only Pretest-Posttest Control
Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Gugus
III Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Cluster Random
Sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes tertulis dalam bentuk soal
pilihan ganda sebanyak 10 butir dengan teknik pengumpulan data dalam bentuk
pretest dan posttest. Hasil uji hipotesis pada kelompok eksperimen menunjukkan
bahwa nilai dengan menggunakan Equal Variences Assumed=2.469 dan nilai
sig. (2-tailled) bernilai 0,017 serta nilai distribusi adalah 2,011, sehingga
> (2,469>2,011) dan sig. (2-tailled) 0,017<0,05. Data ini menunjukkan
bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pada kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol yang disebabkan oleh perlakuan kedua kelas yang berbeda. Berdasarkan hal
tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan video animasi
berbasis InShot terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik muatan IPA
SD Negeri Gugus III Kota Bengkulu
Kata kunci: Video Animasi, Aplikasi InShot, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 29 Oct 2024 03:02
Last Modified: 29 Oct 2024 03:02
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23059

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200