PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA PINTAR (UTAR) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR GUGUS XIX KOTA BENGKULU

ALFINA, DIAH PRADITA and Bambang, Parmadi and Atika, Susanti (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA PINTAR (UTAR) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR GUGUS XIX KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of skripsi] Text (skripsi)
Alfina Diah Pradita_A1G020131_UNIB-1 - Alfina diah Pradita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media ular
tangga pintar pada pembelajaran Pendidikan Pancasila terhadap Motivasi belajar
siswa kelas IV Gugus XIX Kota Bengkulu. Jenis penelitian yaitu eksperimen
semu dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini
adalah semua kelas IV Sekolah Dasar Gugus XIX Kota Bengkulu dengan
pertimbangan beberapa kriteria yang terdiri dari 2 sekolah yakni SDN 103 Kota
Bengkulu dikelas IVA dan SDN 69 Kota Bengkulu dikelas IVD. Pengambilan
sampel menggunakan cluster random sampling. Angket yang digunakan dalam
penelitian ini berupa angket tertutup dalam bentuk skala likert yang diberikan
melalui pre-test dan post-test. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan
kuantitatif analisis. Hasil analisis post-test menunjukan signifikan perbedaan
antara sebelum diberi perlakuan dan setelah diberi perlakuan. Selanjutnya
dilakukan uji hipotesis (t-test) dengan nilai t hitung (2,218) > t table (1,676).
Berdasarkan test t hitung > t table kemudian Ho ditolak dan Ha diterima, dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan media ular
tangga pintar terhadap motivasi belajar peserta didik.
Kata Kunci : Media Ular Tangga Pintar, Pembelajaran Pendidikan Pancasila,
Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 29 Oct 2024 03:13
Last Modified: 29 Oct 2024 03:13
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23060

Actions (login required)

View Item
View Item