ANISA, DIAH WARDANI and Dalifa, Dalifa and Dwi, Anggraini (2024) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI BERBASIS CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS MATERI TRANSFORMASI ENERGI DI SEKITAR KITA SD GUGUS XIX KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![skripsi [thumbnail of skripsi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Anisa Skripsi - Anisa Diah Wardani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video animasi
berbasis canva terhadap hasil belajar IPAS materi Transformasi Energi Di Sekitar Kita
SD Gugus XIX Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.
Metode yang digunakan Quasi Experimental dengan desain penelitian The Matching
Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh SD Gugus XIX Kota Bengkulu. Teknik penentuan sampel menggunakan
Cluster Random Sampling dan didapat SDN 103 Kota Bengkulu sebagai kelompok
eksperimen dan SDN 69 Kota Bengkulu sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang
digunakan adalah tes berbentuk pilihan ganda berupa pretest dan posttest yang
kemudian di analisis data dengan analisis statistik deskriptif, uji prasyarat, dan uji-t.
Berdasrkan, uji-t data posttest diperoleh hasil nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,003, yang
berarti 0,003 < 0,05 dan berdasarkan ttabel diperoleh 2,012 yang berarti thitung > ttabel
(3,173 > 2,012). Berdasarkan data tersebut, terdapat perbedaan yang signifikan antara
kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa,
penggunaan video animasi berbasis canva berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS
pada aspek pengetahuan materi Transformasi Energi Di Sekitar Kita SD Gugus XIX
Kota Bengkulu.
Kata Kunci: IPAS, Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Canva, dan
Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 03:18 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 03:18 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23061 |