PENGARUH MEDIA GRAFIS BERBASIS APLIKASI CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV GUGUS XIV KOTA BENGKULU

FAYZA, OKTAVIA and Dalifa, Dalifa and Ike, Kurniawati (2024) PENGARUH MEDIA GRAFIS BERBASIS APLIKASI CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV GUGUS XIV KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of FAYZA OKTAVIA_A1G020086_UNIB - Fayza Oktavia.pdf]
Preview
Text
FAYZA OKTAVIA_A1G020086_UNIB - Fayza Oktavia.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media grafis
berbasis aplikasi canva terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV gugus XIV
Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode yang
digunakan adalah metode eksperimen semu dengan desain penelitian The
Matching Only Pretest-Posttest Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah
SDN Gugus XIV Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas
IV SDN 42 Kota Bengkulu sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV
SDN 45 Kota Bengkulu sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian
menggunakan tes berbentuk soal pilihan ganda. Analisis data yang digunakan
adalah analisis deskriptif, uji prasyarat, dan analisis inferensial yaitu uji-t. Hasil
dari penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara data
pretest dan posttest. Hasil tersebut dibuktikan dari nilai thitung = 3,336 dan nilai
Sig. (2-tailed) bernilai 0,002 serta nilai distribusi ttabel adalah 1,686. Sehingga nilai
thitung > ttabel (3,336 > 1,686) dan Sig (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05. maka H0
ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dari hasil penelitian tersebut dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media grafis berbasis aplikasi
canva terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV gugus XIV Kota Bengkulu.
Kata kunci: Aplikasi Canva, Hasil Belajar, Media Grafis

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 29 Oct 2024 04:15
Last Modified: 29 Oct 2024 04:15
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23072

Actions (login required)

View Item
View Item