ANALISIS BUTIR SOAL BUKU PEGANGAN SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DITINJAU DARI KOMPONEN LITERASI MEMBACA

LESTI, DWI PUTRI and Herman, Lusa and Yati, Amaliyah (2024) ANALISIS BUTIR SOAL BUKU PEGANGAN SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DITINJAU DARI KOMPONEN LITERASI MEMBACA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Lesti Dwi Putri_A1G020144 - Lesti Dwi Putri.pdf]
Preview
Text
Lesti Dwi Putri_A1G020144 - Lesti Dwi Putri.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal buku pegangan
siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V ditinjau dari komponen konten
teks, konteks teks, dan level kognitif. Peneliti menggunakan penelitian
kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif dan subjek yang digunakan dalam
penelitian ini adalah buku pegangan siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia
Bergerak Bersama kurikulum merdeka kelas V dengan bantuan lembar analisis
dokumen berupa buku pegangan siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas
V dan dokumen/literatur yang sesuai dengan fokus penelitian. Penelitian ini
menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi,
data dianalisis menggunakan pengumpulan data (data collection), reduksi data
(data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan
(conclusion drawing/verification). Hasil penelitian mengatakan bahwa
komponen konten yang paling dominan berupa teks informasi (61%) yang
artinya sudah mencapai syarat persentase dari PUSMENJAR sebesar 50%.
Komponen konteks yang paling dominan berupa personal (64%) yang artinya
sudah mencapai syarat persentase dari PUSMENJAR sebesar 60%. Komponen
level kognitif yang paling dominan berupa menemukan informasi (91%), yang
artinya sudah mencapai syarat persentase dari PUSMENJAR sebesar 50%.
Kata kunci: Bahasa Indonesia, Komponen literasi membaca, Analisis butir
soal

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 29 Oct 2024 04:53
Last Modified: 29 Oct 2024 04:53
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23078

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200