LESTI, DWI PUTRI and Herman, Lusa and Yati, Amaliyah (2024) ANALISIS BUTIR SOAL BUKU PEGANGAN SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DITINJAU DARI KOMPONEN LITERASI MEMBACA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
Lesti Dwi Putri_A1G020144 - Lesti Dwi Putri.pdf
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal buku pegangan
siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V ditinjau dari komponen konten
teks, konteks teks, dan level kognitif. Peneliti menggunakan penelitian
kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif dan subjek yang digunakan dalam
penelitian ini adalah buku pegangan siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia
Bergerak Bersama kurikulum merdeka kelas V dengan bantuan lembar analisis
dokumen berupa buku pegangan siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas
V dan dokumen/literatur yang sesuai dengan fokus penelitian. Penelitian ini
menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi,
data dianalisis menggunakan pengumpulan data (data collection), reduksi data
(data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan
(conclusion drawing/verification). Hasil penelitian mengatakan bahwa
komponen konten yang paling dominan berupa teks informasi (61%) yang
artinya sudah mencapai syarat persentase dari PUSMENJAR sebesar 50%.
Komponen konteks yang paling dominan berupa personal (64%) yang artinya
sudah mencapai syarat persentase dari PUSMENJAR sebesar 60%. Komponen
level kognitif yang paling dominan berupa menemukan informasi (91%), yang
artinya sudah mencapai syarat persentase dari PUSMENJAR sebesar 50%.
Kata kunci: Bahasa Indonesia, Komponen literasi membaca, Analisis butir
soal
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 04:53 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 04:53 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23078 |