PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN GUGUS I KOTA BENGKULU

PUTU, VIRA DIOKTA ARDANI and Neza, Agusdianita and Ike, Kurniawati (2024) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN GUGUS I KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of skripsi] Text (skripsi)
Putu Vira Diokta Ardani_A1G020053 Perpustakan UNIB 2 - Vira Diokta.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran
berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka terhadap kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa kelas IV di SDN Gugus I Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini
adalah kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu
(quasy experiment) dan jenis desain penelitian yang digunakan yaitu The Matching
Only Pretest-Posttest Control Group Desain. Populasi penelitian ini adalah SDN
Gugus I Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IVB SDN 01
dan IVA SDN 07 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini
menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini adalah Pretest dan Posttest dengan menggunakan instrumen soal
kemampuan pemahaman matematika bentuk uraian sebanyak 5 butir. Teknik analisis
data pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, analisis uji prasyarat, dan
uji hipotesis menggunakan uji-t jenis Independent Samples t-test. Berdasarkan hasil
penelitian ini diperoleh thitung sebesar 4,298 dan ttabel sebesar 2,002 dengan taraf
signifikan 5%. Dengan rincian nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen sebesar
55,00 dan pada kelas kontrol sebesar 50,16. Kemudian nilai rata-rata posttest pada
kelas eksperimen sebesar 78,56 dan pada kelas kontrol sebesar 63,20.Dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran beriferensiasi pada
Kurikulum Merdeka terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa
kelas IV di SDN Gugus I Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Pendekatan Berdiferensiasi, Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematika, Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 29 Oct 2024 07:39
Last Modified: 29 Oct 2024 07:39
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23090

Actions (login required)

View Item
View Item