SELVI, PUTRI and Herman, Lusa and Atika, Susanti (2024) IDENTIFIKASI MASALAH GURU DAN SOLUSI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDN 81 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![skripsi [thumbnail of skripsi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SELVI PUTRI_A1G020102_S1PGSD_compressed (1)_compressed - Jadi Nyamuk.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah guru beserta solusi dan
dalam implementasi kurikulum merdeka di SDN 81 Kota Bengkulu. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek
penelitian ini adalah guru kelas 1A, 2, 4, 5, dan kepala sekolah SDN 81 Kota
Bengkulu. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan menggunakan
lembar observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri
dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Teknik keabsahan data melalui triangulasi teknik dan membercheck.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah yang dihadapi guru SDN 81 Kota
Bengkulu dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, yaitu sebagian guru belum
memahami sepenuhnya dalam merancang perangkat pembelajaran, pada
pelaksanaan pembelajaran guru mengalami masalah dalam penerapan
pembelajaran berdiferensiasi dan Projek Penguatan Profil Pancasila sementara
pada penilaian atau asesmen guru tidak begitu mengalami masalah. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN 81 Kota
Bengkulu guru mengalami beberapa masalah pada perencanaan pembelajaran dan
pelaksanaan pebelajaran. Adapun solusi yang dilakukan untuk mengatasi masalah
tersebut, yaitu diskusi dan bertukar pikiran dengan rekan sejawat, membentuk
kelompok belajar, kepala sekolah dan guru mengikuti pelatihan implementasi
kurikulum merdeka, memanajemen waktu yang baik, melanjutkan projek
dirumah, dan digitalisasi sekolah.
Kata Kunci : Kurikulum Merdeka Belajar, Masalah Guru, Solusi.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 08:05 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 08:05 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23096 |