SHELOMITHA, SULISTYANI and Dalifa, Dalifa and Yusnia, Yusnia (2024) IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SDN 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![skripsi [thumbnail of skripsi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SHELOMITHA SULISTYANI_A1G020108_PERPUS UNIB - Shelomitha Sulistyani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi profil pelajar
pancasila dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran IPAS siswa kelas IV
SDN 1 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data
primer penelitian diperoleh dari pedoman observasi, pedoman wawancara yang
dilakukan langsung terhadap sumber data yaitu wali kelas IV/B, kepala sekolah,
wakil kurikulum, dan siswa kelas IV/B SDN 1 Kota Bengkulu. Data sekunder yang
digunakan berupa dokumentasi foto, video, dan rekaman suara. Adapun
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
analisis data dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dari implementasi profil pelajar pancasila
dalam pembelajaran IPAS siswa kelas IV SDN 1 Kota Bengkulu ini menunjukkan
bahwa dalam (1) perencanaan, sudah terimplementasi dengan karakter pelajar
pancasila yang dapat dilihat dalam setiap komponen modul ajar. Dimensi profil
pelajar pancasila yang paling banyak muncul dalam perencanaan modul ajar
pembelajaran IPAS adalah bernalar kritis (2) pelaksanaan, sudah terimplementasi
dengan karakter pelajar pancasila yang dapat dilihat dalam 3 tahap kegiatan, yaitu
pembuka, inti, dan penutup. Dimensi profil pelajar pancasila yang paling banyak
muncul dalam pelaksanaan pembelajaran IPAS adalah bernalar kritis. Untuk
dimensi yang kurang muncul dalam pembelajaran adalah berkebhinekaan global.
Implementasi profil pelajar pancasila sudah muncul dalam perencanaan dan
pelaksanaan pembelajaran IPAS. Dimensi yang paling banyak muncul adalah
bernalar kritis. Terdapat beberapa perencanaan dalam komponen modul ajar yang
terimplementasi profil pelajar pancasila namun belum muncul dalam kegiatan
pembelajaran. Terdapat juga beberapa kegiatan pembelajaran yang
terimplementasi profil pelajar pancasila namun belum muncul dalam modul ajar.
Kata Kunci : Implementasi, Profil Pelajar Pancasila, IPAS
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 08:09 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 08:09 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23097 |