STUDI DESKRIPTIF KREATIVITAS PEMBUATAN KARYA 3D DARI KERTAS ORIGAMI DENGAN TEKNIK 3M PADA MUATAN SBdP PESERTA DIDIKKELAS III SDN 69 KOTA BENGKULU

SIHISMANIAS, TARI FOLANDA. S and Hasnawati, Hasnawati and Nani, Yuliantini (2024) STUDI DESKRIPTIF KREATIVITAS PEMBUATAN KARYA 3D DARI KERTAS ORIGAMI DENGAN TEKNIK 3M PADA MUATAN SBdP PESERTA DIDIKKELAS III SDN 69 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of skripsi] Text (skripsi)
Sihismanias Tari Folanda (A1G020025) - Siptia Fatonah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas peserta didik dalam
proses pembuatan arya rumah 3D dengan teknik 3M dari kertas origami kelas III
SD Negeri 69 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif
kualitatif dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian
seluruh peserta didik kelas III B yang berjumlah 29 orang. Instrumen penelitian
adalah peneliti sendiri dibantu dengan lembar observasi, wawancara, dan
dokumtasi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan carapengumpulan data,
kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data
menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ada 5 karya rumah 3D dengan
teknik 3M yaitu melipat pada kertas origami, menggunting kertas dengan garis
lipatan lurus, dan menempel setiap bagian rumah yang sudah digunting. Hasil
kreativitas pada 4 aspek yaitu aspek pribadi kepercayaan diri, keingintahuan,daya
imajinasi, tekun serta ulet seorang peserta didik, aspek pendorong dari dalam
maupun dari luar saat membuat karya, aspek proses peserta didik membentuk ide
baru dan menemukan inovatifpada karya, dan aspek produk, peserta didik sudah
bisa menciptakan dan menghasilkan karya baru yang menarik. Pada kelompok 1
meliputi 4 aspek kreativitas, Kelompok 2 meliputi 4 aspek kreativitas, tapi yang
tidak ada yaitu aspek pendorong bagian dorongan dari luar, Kelompok 3 meliputi
4 aspek kreativitas, Kelompok 4 meliputi 4 aspek kreativitas, Kelompok 5
meliputi 4 aspek kreativitas, tapi yang tidak ada yaitu, aspek pendorong bagian
dari luar pada saat menggunting. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa proses pembuatan karya 3D pada kreativitas sudah memuat indikator
meskipun ada beberapa indikator pada kreativitas yang belum mengacu pada saat
proses pembuatan dengan menggunakan teknik 3M.
Kata kunci : Seni rupa, Kreativitas, Teknik 3M

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 29 Oct 2024 08:14
Last Modified: 29 Oct 2024 08:14
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23098

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200